BAB 1
TINJAUAN TENTANG ILMU BUDAYA DASAR
TINJAUAN TENTANG ILMU BUDAYA DASAR
A. PENDAHULUAN
Mata
kuliah Ilmu Budaya Dasar adalah salah satu mata kuliahyang menbicarakan tentang
nilai-nilani, tentang kebudayaan, tentang berbagai macam masalah yang dihadapi
manusia dalam hidup sehari-hari. Mata kuliah ini di harapkan agar lulusan
perguruan tinggi kita dari semua jurusan dapat mepunyai suatu kesamaan bahan
pembicaraan. Adanya kesamaan ini dapat di harapkan, agar interelasi antara
intelektuil kita leih sering dengan akibat yang positif bagi pembangunan Negara
kita pada umumnya dan perbaikan pendidikan khususnya.
Diharapkan
agar mata kuliah ini dapat menjadi semacam “lingua franca” bagi para akademis
dari berbagai lapangan ilmiah. Dengan memiliki suatu bekal yang sama ini
diharapkan agar para akademis apat lebih lancer berkomunikasi. Kelancaran
berkomunikasiini selanjutnya akan memperlancar pula pelaksanaan pembangunan
dalam berbagai bidang yang di tangani oleh para cendikiawan dari berbagai
lapangan keahlian itu. Dengan itu pula mahasiswa diharapkan nantinya memiliki
latar belakang pengetahuan yang cukup luas tentang kebudayaan Indonesia pada
umumnya dan menimbulkan minat mendalaminya lebih lanjut, agar dengan demikian
mahasiswa di harapkan turut mendukung dan mengembangkan kebudayaan sendiri dengan
kreatif. Latar belakang diberikanya mata kuliah IBD, selain melihat konteks
budaya Indonesia, juga sesuai dengan program pendidikan d pergururan tinggi,
dalam rangka menyempurnakan pembentukan sarjana.
B.
PENGERTIAN ILMU BUDAYA DASAR
• Menjelaskan pengertian Ilmu Budaya Dasar :
Secara sederhana IBD adalah pengetahuan yang diharapkan
dapat memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep
yang diekembangkan untuk mengkaji masalah-masalah manusia dan kebudayaan.
Istilah IBD dikembangkan petama kali di Indonesia sebagai pengganti istilah
basic humanitiesm yang berasal dari istilah bahasa Inggris “the Humanities”.
Adapun istilah humanities itu sendiri berasal dari bahasa latin humnus yang
astinya manusia, berbudaya dan halus. Dengan mempelajari th humanities
diandaikan seseorang akan bisa menjadi lebih manusiawi, lebih berbudaya dan
lebih halus. Dengan mempelajari the humanities diandaikan seseorang akan bisa
menjadi lebih manusiawi, lebih berbudaya dan lebih halus. Dengan demikian bisa
dikatakan bahwa the humanities berkaitan dengan nilai-nilai manusia sebagai
homo humanus atau manusia berbudaya. Agar manusia menjadi humanus, mereka harus
mempelajari ilmu yaitu the humanities disamping tidak meninggalkan
tanggungjawabnya yang lain sebagai manusia itu sendiri.
• Membedakan IBD dengan pengetahuan budaya :
Ilmu Budaya Dasar, adalah
ilmu yang mempelajari pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang
konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah-masalah manusia dan
budaya. Pengetahuan Budaya, adalah mengkaji masalah nilai-nilai manusia
makhluk berbudaya
• Menyebutkan 3 kelompok besar dalam ilmu dan
pengetahuan :
Prof Dr.Harsya Bactiar mengemukakan bahwa ilmu dan
pengetahuan dikelompokkan dalam tiga kelompok besar yaitu :
1.Ilmu-ilmu Alamiah ( natural scince )
Ilmu-ilmu
alamiah bertujuan mengetahui keteraturan-keteraturan yang terdapat dalam alam
semesta. Untuk mengkaji hal ini digunakan metode ilmiah. Caranya ialah dengan
menentukan hokum yang berlaku mengenai keteraturan-keteraturan itu, lalu dibuat
analisis untuk menentukan suatu kualitas. Hasil analisis ini kemudian
digeneralisasikan. Atas dasar ini lalu dibuat prediksi. Hasil penelitian 100 5
benar dan 100 5 salah
2.Ilmu-ilmu sosial (
social scince )
Ilmu-ilmu
sosial bertujuan untuk mengkaji keteraturan-keteraturan yang terdapat dalam
hubungan antara manusia. Untuk mengkaji hal ini digunakan metode ilmiah sebagai
pinjaman dari ilmu-ilmu alamiah. Tapi hasil penelitiannya tidak 100 5 benar,
hanya mendekati kebenaran. Sebabnya ialah keteraturan dalam hubungan antara
manusia initidak dapat berubah dari saat ke saat.
3.Pengetahuan budaya ( the humanities )
Bertujuan
untuk memahami dan mencari arti kenyataan-kenyataan yang bersifat manusiawi.
Untuk mengkaji hal ini digunakan metode pengungkapan peristiwa-peristiwa dan
kenyataan-kenyataan yang bersifat unik, kemudian diberi arti.
C.
TUJUAN ILMU BUDAYA DASAR
• Menjelaskan masalah budaya dengan benar :
a.Kurangnya Pelestarian
Budaya Daerah
Kurangnya
pelestarian budaya ini sudah sangat mengecewakan. Pasalnya pemerintah kurang
memperhatikan secara penuh peninggalan-peninggalan budaya daerah saat ini serta
tidak terawatnya situs-situs budaya yan g bernilai dan bersejarah. Contohnya
Keraton Kaibon dan Istana Surosowan yang berada di Serang, Banten.
b.Westernisasi Tapi
Tidak Modernisasi
Westernisasi
yaitu orang yang berkiblat pada kehidupan barat(kebarat-baratan). Sedangkan
Modernisasi yaitu orang yang berpikiran maju (Modern). Letak keburukannya yaitu
beberapa sebagian besa orang berlagak sok kebara-baratan tetapi pemikirannya
bisa dibilang ”Wong Ndeso” dan tidak menunjukan intelektualitas dan budaya
ketimuran kita.
• Menjelaskan masalah kemanusiaan dengan jelas :
a.Kemiskinan
Kemiskinan
merupakan salah satu masalah kemanusiaan yang tidak pernah ada habisnya. Angka
kemiskinan yang selalu meningkat berdampak kepada kecemburuan sosial yang
dialami dalam masyarakat kita sehingga hal ini mengakibatkan adanya jurang
pemisah antara si miskin dengan si kaya.
b.Korupsi
Korupsi
sudah bukan merupakan suatu hal yang dianggap tabu oleh masyarakat karena
korupsi secara terang-terangan sering terjadi di negara kita.
Mengapa korupsi susah untuk dibrantas ?
Mengapa korupsi susah untuk dibrantas ?
Karena
baik para birokrat maupun masyarakatnya sendiri sudah terbiasa melakukan hal
tersebut dan bahkan sudah menjadi kebudayaan yang negatif.
• Menyebutkan tujuan ilmu budaya dasar :
1.Mengusahakan
kepekaan mahasiswa terhadap lingkungan budaya, sehingga mereka lebih mudah
menyesuaikan diri dengan lingkungan yang baru, terutama untuk kepentingan
profesi mereka
2.Memberi
kesempatan kepada mahasiswa untuk memperluas pandangan mereka tentang masalah
kemansiaan dan budaya serta mengembangkan daya kritis mereka terhadap
persoalan-persoalan yang menyangkut kedua hal tersebut.
3.Mengusahakan
agar mahasiswa, sebagai calon pemimpin bagnsa dan Negara serta ahli dalam
bidang disiplin masing-masing tidak jatuh ke dalam sifat-sifat kedaerahan dan pengkotakan
disiplin yang ketat
4.menguasahakan
wahana komunikasi para akademisi agar mereka lebih mampu berdialog satu sama lain.
Dengan memiliki satu bekal yang sama, para akademisi diharapkan akan lebih
lancer dalam berkomunikasi.
D.
RUANG LINGKUP ILMU BUDAYA DASAR
• Menyebutkan 2 maasalah pokok dalam ilmu budaya
dasar :
1.Berbagai aspek
kehidupan yang seluruhnya merupakan ungkapan masalah kemanusiaan dan budaya
yang dapat didekati dengan menggunakan pengetahuan budaya (the humanities),
baik dari segi masing-masing keahlian (disiplin) didalam pengetahuan budaya,
maupun secara gabungan (antar bidang) berbagai disiplin dalam pengetahuan
budaya
2.Hakekat manusia yang
satu atau universal, akan tetapi yang beraneka ragam perwujudannya dalam
kebudayaan masing-masing jaman dan tempat.
• Menyebutkan 8 pokok bahasan IBD dengan benar :
1.Manusia dan cinta kasih
2.Manusia dan Keindahan
3.Manusia dan Penderitaan
4.Manusia dan Keadilan
5.Manusia dan Pandangan hidup
6.Manusia dan tanggung jawab serta pengabdian
7.Manusia dan kegelisahan
8.Manusia dan harapan
2.Manusia dan Keindahan
3.Manusia dan Penderitaan
4.Manusia dan Keadilan
5.Manusia dan Pandangan hidup
6.Manusia dan tanggung jawab serta pengabdian
7.Manusia dan kegelisahan
8.Manusia dan harapan
Kedelapan
pokok bahasan tersebut merupakan dalam karya karya yang tercakup dalam
pengetahuan budaya .Ilmu buday adasar bukan ilmu tari ,ilmu filsafat ,dan lain
ilmu yang terdapaat pada pengetahuan budaya .Ilmu budaya dasar hanya
mempergunakan karya karya yang terdapat dalam pengetahuan budaya untuk
mendekati masalah masalah kemanusiaan dan budaya.
E.
DAFTAR PUSTAKA
http://beoneofheroes.blogspot.com/2013/06/bab-1-tinjauan-tentang-ilmu-budaya.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar